Inspirasi Guru Islamic Village

Guru Sejati Guru Yang Menginspirasi

SELAMAT DATANG DI BLOG GURU ISLAMIC VILLAGE

Daripada mengendap lama di pikiran yang cuma bikin jamuran, mendingan beraniin aja bikin blog. Sengaja blog ini dinamain Blog Guru Islamic Village, karena ingin mengundang para guru Sekolah Islamic Village khususnya untuk diskas dan share tentang segala hal. Tentu saja yang ada sangkut pautnya dengan masalah pembelajaran (learning), pengajaran (teaching) dan pendidikan secara umum.

Tujuannya jelas supaya kita bisa silaturahim di dunia maya yang ajaib ini. Selain itu agar kita semua gak bosen “ngasah gergaji”– minjem istilah Covey — kreativitas kita supaya gak tumpul. Dengan berbagi ilmu dan pengalaman, tentunya bisa memperluas cakrawala kita dan yang paling penting memotivasi kita untuk terus menekuni profesi guru dengan penuh cinta dan keikhlasan; sesuatu yang kadang sudah mulai luntur di jiwa para guru kita.

Akhir kalam, semoga blog sederhana ini bisa menjadi ruang Anda untuk mengekspresikan diri sebagai guru yang selalu tidak berhenti menginspirasi murid-muridnya.

Salam Kreatif!
Penunggu Waroeng
Saifuddin

Single Post Navigation

30 thoughts on “SELAMAT DATANG DI BLOG GURU ISLAMIC VILLAGE

  1. Guru sejati adalah guru yang mendo’akan dengan tulus agar menjadi Qurrata’ayunun di mata orang tuanya, masyarakat dan lingkungannya, dengan kata lain ada tanggung jawab moral yang mendalam.

  2. Cepetan Moderasi Tulisan artikel ini…!

  3. Lilik Darliati on said:

    ajang bagus… rasanya pas kalau kita manfaatkan untuk lomba hari guru tanggal 25 november 2010

    • nurmansyah on said:

      @ hj. lilik : ga usah pake dilomba-lombain segala dech…. mending dananya buat kegiatan siswa… kasihan siswa mereka menunggu realisasi program sekolahnya berjalan ????? Ayo sebisa mungkin kita jadi figur yang amanah buat anak-anak kita….

  4. Iyan Tsauri on said:

    Siiiiiiiiiiiiiiiiiiiip lah selamat bekerja..berkarya…dan beribadah. semoga sukses!!!

  5. Kalau saya nulis cerita2 lucu di mana yach kolom yang paling tepat……..? maksud saya supaya sedikit nyengir, gak serius terus, supaya urat nadi ini agak lentur.

  6. Imas Masitoh SD isvill on said:

    Woww…. good luck ya…, mudh2 wahana ini akan menjadi ladang apresiasi untuk menjadi guru yang luar biasa, karena anak2 zaman sekarang menghadapi lingkungan dan tantangan yang semakin sulit . Mereka membutuhkan guru – guru pembelajar yang senantiasa mau membuka diri untuk menjadi semakin arif dan mencerdaskan.

  7. ABU HAMZAH on said:

    Guru bertugas menyampaikan sesuatu yang mulia, yaitu NASEHAT dan ILMU yang diharapkan bermanfaat, namun sepertinya yang terjadi anak-anak didik kita tidak juga terjadi perubahan yang siknifikan untuk menjadi anak-anak yang berilmu dan santun, mungkin karena ada yang salah pada diri PENYAMPAINYA, (bahan renungan).

  8. Meri Susanti SD SNN on said:

    Alhamdulillah……,akhirnya guru Isvill punya blog jg neh…sukses yah buat pencetusnya….!!!! Allahuakbar…:)

  9. Nich artikel-ku, sory dua yg terkirimnya, yg dimoderasi satu aja krn isinya sama.

  10. luthfiah faqih on said:

    dari bu Munifah, alhamdulilah sdh ada wadah untuk saling berbagi informasi mengenai kemajuan pendidikan di Isvill semoga menjadi salah satu media yang sangat manfaat,

  11. Meri Susanti SD SNN on said:

    Alhamdulillah sebagai pendidik banyak sekali tingkah laku anak didik kita yang berbeda satu sama lain. Tapi disitulah kita

  12. Tolong kasih tahu alur dan tatacara tuk isi artikel di Blog guru ini !!

  13. MASINIS

    Suatu hari sebuah kereta api melaju dengan kencang hendak melewati perkampungan. Di perkampungan itu ada seorang ibu penjual gado-gado selesai mencuci serbetnya (kain lapnya) yang berwarna merah. Selesai mencuci dia mengibaskan serbet tersebut untuk dijemur di pagar pembatas antara rel kereta dengan kampung.

    Dari kejauhan, sang masinis kereta melihat si ibu dengan kain lap yang berwarna merah yang dikebas-kebaskan. Masinis menjadi menyangka ibu itu memberi tanda bahaya. Dengan khawatir masinis segera mengerem keretanya secara mendadak hingga menyebabkan para penumpang kereta terjungkal.

    Lalu masinis bertanya pada ibu tersebut, “Ada apa, Bu?”

    Si ibu penjual gado-gado pun menjawab dengan ringan, “Hampir habis, Pak. Tinggal kacang panjang dan kangkung doang!”

    Cerita diatas saya ingin mengajak teman2 sejenak untuk tersenyum. Semoga dipagi yang indah ini anda dan keluarga dalam keadaan sehat selalu, Selamat beraktifitas, jangan lupa senyumnya untuk orang-orang disekeliling kita. Senyum yang tulus itu menyehatkan loh!


    Sesungguhnya telah kami buatkan bagi manusia dalam al-Quran ini setiap macam perumpamaan supaya mereka dapat pelajaran (Qs. az-Zumar : 27).

    Wassalam,

    ( Sumber : agus syafii : Mualif tawwil grup )

  14. RUDY HADIYANTO on said:

    Mohon dimoderasi. Syukron

  15. nurmansyah on said:

    Assalamualaikum wr, wb

    Banyak orang pada abad sebelumnya menyakini bahwa tidak mungkin ada manusia yang dapat berlari 1 mil dalam waktu kurang dari 4 menit. Bahkan para ahli didunia pada saat itu menyatakan bahwa struktur tulang kaki manusia tidak akan memungkinkan seorang manusia untuk lari dengan kecepatan 1 mil dibawah 4 menit.

    Rekor dunia lari 1 mil (1600 m) mulai tercatat di tahun 26 Juli 1852 ketika Charles Westhall mengukir prestasi 4 menit 28 detik. Rekor 1 mil di bawah 4 menit terus bertahan hingga 4 September 1942 oleh Gunder Hägg dalam waktu 4 menit 1,3 detik. Artinya hingga tahun 1942 belum ada manusia di planet bumi yang bisa lari 1 mil di bawah 4 menit!

    Adalah Roger Bannister pelari Inggris, yang mempunyai kepercayaan diri yang kuat bahwa dia akan mampu memecahkan rekor dunia tersebut. Pada tanggal 6 Mei 1954, Roger Bannister yang saat itu berusia 25 tahun dan berstatus mahasiswa kedokteran mengukir sejarah menjadi manusia pertama yang mampu berlari 1 mil di bawah 4 menit. Sungguh menakjubkan!!!! Roger Bannister berhasil mematahkan keyakinan ratusan juta orang termasuk para ahli pada waktu itu.

    Roger Bannister berani melakukan terobosan untuk merubah keyakinannya. Ia berlatih dengan sangat keras untuk mengalahkan waktu tercepatnya. Dengan dibantu oleh temannya di Oxford University akhirnya Bannister berhasil melakukannya. Saat itu rekornya adalah 3 menit 59.4 detik, tercatat di lintasan Iffley Road di Oxford dengan disaksikan tak kurang dari 3.000 penonton. Kemudian 46 hari setelahnya pada 21 Juni 1954, John Landy seorang pelari Australia mampu memecahkan rekor Roger Bannister dalam catatan waktu 3 menit 57.9 detik. Namun sekali lagi dengan keyakinan yang kuat dalam British Empire games di Vancouver, Bannister mampu mengalahkan Landy. Keduanya mampu berlari di bawah 4 menit , dengan Bannister mencapai 3:58.8 sedangkan Landy 3:59.6. Tanpa percaya diri tinggi tentu akan sukar bagi Bannister untuk menembus rekor di atas.

    Bagaimana dengan Anda? Apa yang Anda akan lakukan untuk membuat terobosan dalam hidup ini? Dare to dream big atau berani berpikir yang besar, berpikirlah diluar kotak, miliki sikap mental Pemenang dan perkuatlah keyakinan Anda untuk meraih impian. Saya yakin ANDA PASTI BISA!.

    Siapapun Anda, jika Anda sudah mencanangkan harus sukses maka Anda sudah menunjukkan kepada diri sendiri dan dunia bahwa Anda akan sukses. Tentu saja keyakinan saja tidak cukup jika tidak disertai niat sungguh-sungguh dan bekerja keras untuk mewujudkannya. Namun masalahnya tidak semua orang benar-benar mau memperjuangkan dan terus mendaki sampai di puncak sukses.

    Sumber Markus Tan Group

  16. Nur Fadhilah on said:

    Tidak ada murid yang bodoh, yang ada adalah murid yang tidak berkesempatan mendapatkan guru yang baik yang dapat memberikan ilmunya secara profesional. Guru yang profesional adalah guru yang menguasai disiplin ilmu yang diajarkan/kompeten, berpengalman, ikhlas dan menjunjung tinggi kode etik profesi serta hanya menyandarkan pada profesi guru dalam mencari nafkah. Bagaimana agar guru dapat menyandarkan/fokus pada profesi guru dalam mencari nafkah? Mari kita renungkan dan mengupayakan!

  17. nurmansyah on said:

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarrokatuh

    Bukan bermaksud mengkultuskan Mbah Maridjan…

    Bagi saya Mbah Maridjan ada yang perlu menjadi panutan kita samua.

    Mengapa beliau lebih mendahulukan panggilan Adzan Maghrib,

    daripada panggilan sirine untuk mengungsi.

    Apa kira-kira HIKMAH yang diketahui oleh Mbah Maridjan?

    Tentunya kita tidak bisa bertanya kepada orang yang sudah mati,

    teapi kita bisa bertanya kepada sumber HIKMAH yaitu Allah ( Al Quran) dan Raulullah ( Al Hadits).

    1. Hikmah seruan ADZAN.

    Banyak diantara kita yang masih belum memahami HIKMAH dari adzan. Sebagian memahami adzan adalah hanya sebagia TANDA sudah masuk sholat sehingga dia bisa sholat di mana saja dan harus di MASJID (terutama buat kaum laki-laki). Sebenarnya Adzan mempunyai arti PANGGILAN, jadi kalau ada adzan berarti kita sedang dipanggil…dan panggilan adzan ini adalah panggilan BESAR atas nama Allah.

    * Adzan dimulai dengan lafadz أَللهُ أَكْبَرُ (Allāhuakbar=Allah Maha Besar), berarti muadzin memberitahukan kita bahwa yang lainnya KECIL, dan HANYA Allah yang MAHA BESAR, dan Dia harus didahulukan.

    * Makna أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أللهُ(Asyhaduallāilāhaillallāh) adalah menjadikan Allah sebagai satu-satunya ILAAH dzat yang BERHAK DISEMBAH, dan Dia WAJIB untuk DITAATI dan DICINTAI. Dan sekarang ini bukan patung yang dijadikan ILAAH tetapi adalah HAWA NAFSU-nya.

    Dalam Al Quran surat Al Jaatsiyah ayat 23 Allah berfirman (yang artinya): ” Maka pernahkah kamu melihat orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai ILAAH (Tuhannya), dan Allah membiarkannya sesat berdasarkan ilmu-Nya dan Allah telah mengunci mati pendengaran dan hatinya dan meletakkan tutupan atas penglihatannya? Maka siapakah yang akan memberinya petunjuk sesudah Allah (membiarkannya sesat). Maka mengapa kamu tidak mengambil pelajaran?

    Dalam surat At Taubah ayat 24 Katakanlah: “Jika bapa-bapa, anak-anak, saudara-saudara, isteri-isteri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan rumah-rumah tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai daripada Allah dan Rasul-Nya dan (dari) berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya.” Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang fasik.”

    Dalam surat Al Baqarah ayat 165 : 165. “Dan di antara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman sangat cinta kepada Allah. Dan jika seandainya orang-orang yang berbuat zalim itu mengetahui ketika mereka melihat siksa (pada hari kiamat), bahwa kekuatan itu kepunyaan Allah semuanya dan bahwa Allah amat berat siksaan-Nya (niscaya mereka menyesal).”

    * Makna أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ(AsyhaduannaMuhammadanrasulullāh) adalah mengakui bahwa Nabi Muhammad SAW sebagai RASUL= UTUSAN Allah yang harus DICINTAI, DITAATI dan DITELADANI.

    Dalam Al Quran surat Al Ahzab ayat 21 Allah berfirman ( yang artinya) : “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.”

    Dalam surat Ali Imran ayat 31. Katakanlah: “Jika kamu (benar-benar) menCINTAi Allah, IKUTIlah aku (N. Muhammad SAW), niscaya Allah menCINTAi dan mengAMPUNi dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

    * Setelah kita diingatkan dengan ketiga hal tersebut, baru DISERU … حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ(Hayya ‘alashShalāh)…(MARI kita SHOLAT) dan حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ(Hayya ‘alalfalāh) (MARI kita mencapai KEMENAGAN/KESUKSESAN)

    * Selanjutnya kita diingatkan lagi bahwa Allahlah dzat yang Maha BESAR أَللهُ أَكْبَرُ (Allāhuakbar), Dan لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ (Lāilāhaillallāh=Tidak Tuhan yang berhak DISEMBAH dan DITAATI kecuali Allah)

    Jadi hanya orang-orang yang mempunyai HIKMAH Adzan saja yang akan mudah memenuhi panggilan Adzan tersebut.

    2. HIKMAH Sholat Berjama’ah di Masjid.

    Dalam Hadits-hadits disebutkan:

    * Dari Abu Hurairah -radhiyallahu’anhu- dia berkata; Ada seorang lelaki buta yang menemui Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, dia mengatakan, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya saya tidak memiliki penuntun yang menuntun saya untuk berangkat ke masjid.” Dia meminta kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk diberikan keringanan agar diperbolehkan untuk sholat di rumahnya. Maka Nabi pun memberikan keringanan kepadanya, kemudian ketika lelaki itu berbalik untuk pulang beliau memanggilnya dan bertanya, “Apakah kamu masih mendengar panggilan adzan?”. Dia menjawab, “Iya.” Maka beliau bersabda, “Kalau begitu maka penuhilah.” (HR. Muslim dalam Kitab al-Masajid wa Mawadhi’ as-Shalah) Orang yang buta saja harus memenuhi panggilan Adzan, apalagi kita yang melihat? Karena Shalat Berjama’ah di masjid merupakan sunnah rasul yang harus dijalankan ummatnya.

    * Dari Abdullah -yaitu Ibnu Mas’ud- -radhiyallahu’anhu, dia berkata: “Barangsiapa yang ingin BERJUMPA dengan Allah kelak di akhirat sebagai seorang MUSLIM maka hendaklah dia menjaga sholat-sholat wajib itu yang apabila saatnya tiba maka adzan pun dikumandangkan. Sesungguhnya Allah mensyari’atkan untuk Nabi kalian shallallahu ‘alaihi wa sallam berbagai JALAN PETUNJUK, dan sesungguhnya SHOLAT BERJAMA’AH itu termasuk jalan petunjuk. Kalau saja kalian mengerjakan sholat di rumah-rumah kalian sebagaimana sholatnya orang yang sengaja meninggalkan jama’ah itu sehingga dia mengerjakannya di rumahnya maka itu artinya kalian telah MENINGGALKAN Sunnah Nabi kalian, dan kalau kalian sudah meninggalkan Sunnah Nabi kalian maka pastilah kalian menjadi SESAT. Tidaklah seseorang bersuci dengan sebaik-baiknya kemudian dia bersengaja untuk ke masjid di antara masjid-masjid yang ada ini kecuali Allah pasti akan mencatat satu kebaikan baginya dari setiap langkah kakinya dan Allah akan menaikkan derajatnya setiap kali dia melangkahkan kakinya itu, dan Allah berkenan untuk menghapuskan karenanya satu kejelekan. Sungguh, aku teringat bahwa dahulu tidak ada orang yang sengaja meninggalkan sholat jama’ah itu kecuali orang MUNAFIQ yang diketahui dengan JELAS kemunafikannya. Bahkan sampai-sampai pernah terjadi ada seorang sahabat yang didatangkan ke masjid dalam keadaan dipapah oleh dua orang lelaki hingga diberdirikan di dalam shaf.” (HR. Muslim dalam Kitab al-Masajid wa Mawadhi’ as-Shalah)

    Wallahu a’lam bbi showab

    (Sumber : Group Kata-kata Hikmah )

  18. ayo ah diramein lagi Blog Islamicnya.

  19. ke mana ini penunggu warung teh…? kok jadi sepi lagi Blog teh…?

  20. Aa Iyan on said:

    Hangat-hangat ……ayam. Jangan sampai lah. Mimpi boleh, Ide hebat, keninginan besar, kompetensi tinggi, tinggal sedikit lagi; “KONSISTENSI” dan “KONSEKUEN”

  21. Rosi Rosidin on said:

    Kemana nich penunggu warung Blog teh…?

  22. akhirnya… muncul lagi si BOLOG.. guru islamic… ji kayanya harus ada redaktur yg rajin minta2 isi tulisan ke unit2 sekolah… biar Blog kita ga sepi…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: